Pelajaran berharga siang ini.....
Customer marah2 karena pada saat check in status kodebooking expire padahal tiket sudah dibayar ke agent travel.....
Si agent travel lebih bingung lagi karena merasa kodebooking sudah di issued di sistem dan saldo terpotong.....
Akhirnya customer merasa ditipu oleh si agent travel...., kerugian uang dan waktu...
Kita sebagai travel agent harus membela kepentingan pelanggan...., pastikan pelanggan bisa menggunakan kodebooking yang dipesan melalui kita....
Tugas travel agent adalah memastikan status kodebooking. Ada 4 status kodebooking :
1. waiting (menunggu dibayar dan ada batas waktunya)
2. Issued (sudah terbayar ke maskapai)
3. Cancel (agent yang membatalkan)
4. Expired (hangus, sistem atau maskapai yang membatalkan karena batas waktu pembayaran habis)
5. Pending (Saldo agent sudah terpotong, tetapi terjadi kegagalan di sistem atau jaringan sehingga kodebooking belum terbayar ke maskapai) YANG BERBAHAYA jika time limit habis maka statusnya berubah dari pending menjadi expired.
Agent travel harus selalu memastikan agar status kodebooking customernya aman dan terbayar. Pastikan jika perlu telp ke CS maskapainya.
Ikuti ketentuan di sistem jika status kodebooking PENDING segera REISSUED (tidak memotong deposit lagi hanya utk merubah statusnya menjadi ISSUED di sistem)
Jika sistem tidak merespon segera isi form transaksi manual agar SISTEM PUSAT yang melakukan issued.
jika timelimit habis segera booking ulang dan tiket yang gagal issued segera diajukan utk direfund 100%.
Setidaknya agent masih punya waktu utk melakukan booking ulang. Atau terburuknya ya sampaikan tidak bisa melakukan transaksi booking karena batas waktu reservasi secara online sudah close (max 4 jam sebelum keberangkatan)
Semoga bermanfaat.....
Salam sukses
Kita sebagai travel agent harus membela kepentingan pelanggan...., pastikan pelanggan bisa menggunakan kodebooking yang dipesan melalui kita....
Tugas travel agent adalah memastikan status kodebooking. Ada 4 status kodebooking :
1. waiting (menunggu dibayar dan ada batas waktunya)
2. Issued (sudah terbayar ke maskapai)
3. Cancel (agent yang membatalkan)
4. Expired (hangus, sistem atau maskapai yang membatalkan karena batas waktu pembayaran habis)
5. Pending (Saldo agent sudah terpotong, tetapi terjadi kegagalan di sistem atau jaringan sehingga kodebooking belum terbayar ke maskapai) YANG BERBAHAYA jika time limit habis maka statusnya berubah dari pending menjadi expired.
Agent travel harus selalu memastikan agar status kodebooking customernya aman dan terbayar. Pastikan jika perlu telp ke CS maskapainya.
Ikuti ketentuan di sistem jika status kodebooking PENDING segera REISSUED (tidak memotong deposit lagi hanya utk merubah statusnya menjadi ISSUED di sistem)
Jika sistem tidak merespon segera isi form transaksi manual agar SISTEM PUSAT yang melakukan issued.
jika timelimit habis segera booking ulang dan tiket yang gagal issued segera diajukan utk direfund 100%.
Setidaknya agent masih punya waktu utk melakukan booking ulang. Atau terburuknya ya sampaikan tidak bisa melakukan transaksi booking karena batas waktu reservasi secara online sudah close (max 4 jam sebelum keberangkatan)
Semoga bermanfaat.....
Salam sukses